IBL Draft,Langkah Awal Membangun Kekuatan


Nov 05, 2019

IBL Draft bakal digelar di Jakarta, 12 November mendatang. Klub-klub kini bekerja keras memantau pemain pemain asing yang bakal direkrut, juga menilai rookie-rookie ideal yang bakal mereka ambil. Draft adalah langkah awal membentuk kekuatan tim.

“Draft ini sangat penting. Pemilihan pemain asing yang tepat, tak hanya secara skill tetapi juga adaptasi terhadap pola dan sistem yang diminta pelatih akan sangat berpengaruh pada performa tim. Saya berharap setiap klub mendapatkan pemain terbaik bagi mereka, sehingga persaingan dalam IBL 2020 akan semakin sengit,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah.

Setiap tim memilih tiga pemain asing dengan tinggi tak lebih dari 200 cm. “Mereka bisa memilih pemain untuk posisi mana saja, baik guard, forward maupun center,” ujar Junas. 

Tercatat 239 pemain asing dalam daftar yang diterima IBL dari agensi-agensi yang memiliki lisensi dari FIBA. Beberapa diantaranya adalah nama-nama pemain yang pernah bermain di IBL seperti Dior Lowhorn, Emilio Parks, Anton Waters, Raymond Miller, Anton Waters, Dalarian Williams. 

Dalam daftar juga tertera beberapa pemain baru dengan pengalaman cukup mengkilap di NCAA, NBA G-League dan PBA. Mereka diantaranya adalah Jalen Quinn Bradley (Lakeland Magic, NBA G-League 2017-2018),Glen Thomas Burns (Chicago St, NCAA 2017-2018),Ja’Michael Hawkins (SE Louisiana, NCAA 2015-2016),Christopher Allan Ellis (Ginebra San Miguel, PBA 2015-2017),Daniel Edward Hurtt (U of Siouxfalls, NCAA 2016-2017).

“Kami kini sedang sibuk mencari-cari pemain dengan skill yang cocok untuk kebutuhan tim kami,” kata pelatih Louvre Basketball, Andika Supriadi Saputra.

Pelatih Satya Wacana Salatiga, Efri Meldy juga akan segera menentukan pilihan. “Saya mungkin baru akan memutuskan sehari sebelum draft pick. Sekarang sedang pelajari pra kandidar yang telah masuk,” katanya. Apalagi point guard langganan Satya Wacana, Maddarious Gibbs konon masih bermain di Qatar hingga bulan April.

Satya Wacana akan memilih pemain pada posisi guard, forward dan center. “Kami mencari pemain pada posisi-posisi tersebut,” ujarnya.Pilihan dan chemistry team yang tepat memang akan berpengaruh besar pada performa tim pada kompetisi IBL 2020.