News Event

IBL All-Star 2024: Pandu Wiguna Juara Redbull Slamdunk

27 April 2024
|

Bintang Prawira Harum Bandung Pandu Wiguna menorehkan sejarah baru di IBL Tokopedia All-Star 2024. Dia menjadi pemain lokal pertama yang memenangkan Redbull Slamdunk Contest, pada hari Sabtu (27/4), di Britama Arena. Pandu mengalahkan dua peserta lainnya yaitu Zoran Talley Jr. dari Amartha Hangtuah Jakarta dan Michael Qualls dari Borneo Hornbills. 

Seharusnya Redbull Slamdunk ini diikuti oleh enam peserta. Namun dua peserta tidak bisa ikut lantaran sedang dalam perawatan untuk memulihkan cedera. Mereka adalah Tyree Robinson dari Satya Wacana Salatiga dan Jaylyn Richardson dari Pacific Caesar Surabaya. Tetapi dari empat peserta yang tersisa, ternyata David Liberty Nuban dari RANS Simba Bogor ternyata juga sedang dalam pemulihan cedera. Sehingga pesertanya hanya tiga pemain saja. 

Di ronde pertama, Pandu dan Talley mengeksekusi slam dunk dengan baik. Mereka mendapatkan poin yang nyaris sempurna dari juri. Sementara Qualls, yang muncul dengan pasangan dan putrinya, sempat mengejutkan peserta dan penonton. Qualls seharusnya bisa mendapat nilai sempurna jika upayanya berhasil. Sayangnya dia tidak bisa mengeksekusi trik tersebut dengan baik. 

Qualls akhirnya tersingkir di babak final. Kali ini Pandu dan Talley yang bertarung. Talley mengeluarkan kemampuannya dengan melakukan dunk dari baseline. Sementara Pandu menutup kontes ini dengan melalukan dunk, sembari memasukkan tangan kanannya ke ring. Pandu mendapatkan nilai yang lebih besar dari Talley untuk memenangkan kontes tersebut.

"Senang, tidak membayangkan bisa menang melawan pemain-pemain hebat seperti Zoran Talley Jr. dan Michael Qualls," kata Pandu Wiguna. 

Faktanya, Pandu merupakan pemain lokal pertama yang menjuarai kontes slam dunk, sepanjang penyelenggaraan IBL All-Star sejak 2017. Karena berturut-turut juara kontes ini sebelumnya dimenangkan oleh pemain asing, yaitu Tyreek Jewel (2017), Nashon George (2018), Savon Goodman (2019), Laquavious Kashaka Cotton (2020), Jarron Crump (2022), Ramon Galloway (2023). (*)

Baca Juga: IBL All Star 2024: Aksi dan Atmosfer Terbaik

0 Comments