News Event

Hempaskan RANS, Dewa United Maju ke Semifinal

03 July 2023
|

Dewa United Banten memenangi dua laga kandang di IBL Tokopedia Playoffs 2023. Mereka bounce -back dari kekalahan di Game 1, dan akhirnya lolos ke Semifinal dengan keunggulan 2-1 atas RANS PIK Basketball. Kepastian tersebut didapat setelah Dewa United menang 76-62 atas RANS, di Sritex Arena, Senin (3/7) malam.

Dewa United sempat dipermalukan RANS pada babak pertama. Karena mereka yang unggul 18-14, bisa dikejar hingga tersisa margin tiga angka (28-31) saat turun minum. Jelas ada yang salah dari strategi Dewa United, sehingga mereka tidak bisa mempertahankan keunggulan. 

Pasca istirahat, Dewa United mengamuk. Kali ini dipicu oleh permainan menawan Yeison Colome. Dia memasukkan tujuh poin dari total 20 poin Dewa United di kuarter ketiga. Dewa United memasukkan enam three point dari sembilan attempt, yang membuat mereka menjauh dengan jarak 12 angka (51-39) saat kuarter ketiga ditutup.

Memasuki kuarter keempat, RANS bermain lebih agresif. Sementara Dewa United sudah mengantisipasi hal ini. Dewa United memaksa RANS meminta time-out setelah Dio Tirta Saputra memasukkan tembakan tiga angka. RANS tertinggal 17 poin (42-59) di sisa delapan menit. Situasi di tim RANS kurang bagus. Karena di awal kuarter keempat, sudah ada tiga pemain foul-trouble yakni Agus Salim, Althof Satrio, dan Valentino Wuwungan. Sehingga tidak ada yang berani melakukan defense ketat untuk Anthony Johnson. 

Dewa United akhirnya bisa mengunci kemenangan ini, berkat performa menawan Yeison Colome dengan torehan 22 poin. Kevin Moses Eliazer Poetiray menyumbang 13 poin di laga ini. "Kunci kemenangan hari ini adalah fokus pada game plan yang sudah dibuat pelatih. Karena RANS juga tim bagus, salah sedikit saja bisa dimanfaatkan oleh mereka. Kami bersyukur akhirnya bisa kembali ke semifinal," kata Kevin. 

Dewa United sendiri pernah lolos ke semifinal pada musim 2021. Kemudian mereka kalah di babak pertama pada musim 2022. Kini Dewa United berhasil kembali ke semifinal, dan menunggu hasil pertandingan antara Bumi Borneo Basketball Pontianak melawan Prawira Harum Bandung. Sebaliknya, RANS dua kali masuk playoffs (2022 dan 2023), namun semuanya gugur di putaran pertama. (*)

Baca Juga: Dewa United Tekan Pertahanan RANS di Babak Pertama

0 Comments