Hardianus Lakudu Masih Mungkin Tergeser


Apr 06, 2022

Kalau di Satria Muda Pertamina Jakarta, peran Hardianus Lakudu sebagai point guard masih belum tergantikan. Namun melihat performanya musim ini, kemungkinan di Timnas Indonesia cukup berat. Meski ada satu hal yang tak boleh dipandang sebelah mata, yakni pengalamannya.

Hardianus sangat berpelaman untuk laga-laga internasional. Dia sudah beberapa kali membela timnas Indonesia. Termasuk juga dalam semua event internasional yang menjadi rangkaian FIBA Asia Cup 2022. Hardianus dan Andakara Prastawa Dhyaksa menjadi point guard pilihan di era kepemimpinan Rajko Toroman. 

Berbicara performa di liga, Hardianus pada musim 2021 mencetak 9,0 PPG, 3,4 RPG, dan 5,2 APG untuk 20 game. Dia tampil selama 29,4 menit per game. Saat itu SM menjadi juara, dan Hardianus terpilih sebagai MVP Finals IBL 2021. 

Pada IBL Tokopedia 2021, Hardianus hanya bermain 15 game. Dia mengalami cedera di awal musim, yang menghambat performanya. Di liga sendiri, SM sudah punya Antoni Erga, yang bisa dikatakan improve. Jadi head coach SM, Youbel Sondakh tidak terlalu memaksakan Hardianus tampil. 

Hardianus di IBL Tokopedia 2022 mencetak rata-rata 4,3 PPG, 3,2 RPG, dan 3,9 APG dalam 20,6 menit per game. Melihat performa ini, masih mungkin Hardianus tergeser dari komposisi Timnas Indonesia untuk SEA Games Vietnam. Tapi ada pula kemungkinan dia tetap dibutuhkan untuk timnas. Sebab, head coach timnas kali ini adalah Milos Pejic. Pelatih yang pernah memegang SM dua musim. Dia jelas tahu kemampuan Hardianus. (*)