Felix Ari Bayu Marta Berharap Pemain Muda Langsung Bersaing Pada Tahun Pertama


Oct 22, 2021

Pelatih fisik Felix Ari Bayu Marta membekali peserta IBL Rookie Combine 2021 pentingnya menjaga dan meningkatkan kekuatan fisik mereka sebagai modal mengarungi Kompetisi IBL 2021 mendatang. 

"Saya hanya memberi info persiapan apa yang harus mereka lakukan untuk menjadi atlet basket profesional," kata Felix , Kamis 21 Oktober seusai memberikan materi kelas Sport Physio dengan topik Injury Prevention and Management. 

"Dari sisi fisik mereka harus memiliki endurance, strenght, speed dan power," tambahnya. Felix juga memberi pemahaman agar para pemain mengerti tentang kegunaan latihan fisik yang dilakukan. 

"Ada yang bertanya kenapa saya harus latihan lari, padahal bukan ingin menjadi pelari? Saya jelaskan pentingnya latihan-latihan tersebut sehingga mereka nanti bisa menjalankan dengan senang karena tahu apa manfaat latihan tersebut," tuturnya. 

Felix memuji postur para peserta yang secara umum lebih tinggi dibanding sebelumnya, namun dia memberikan kritikan soal daya tahan.

"Secara postur sudah bagus, cuma berdasarkan pengamatan sekilas hasil dari tanya jawab, skor blip test mereka masih kurang. Berarti daya tahan  merkea harus ditingkatkan," paparnya.

Daya tahan atau endurance menjadi modal penting dalam peningkatan speed, strenght an power.

Felix berharap para pemain muda nanti sudah bisa bersaing pada Kompetisi IBL 2022. "Anak muda itu memiliki motivasi dan tenaga lebih besar seharusnya mereka bisa bersaing.  Kalau bisa berprestasi di usia muda, kenapa harus menunggu umur lebih tua," pungkasnya.