News Event

Fakta-fakta Prawira Harum Bandung

19 July 2023
|

IBL Finals 2023 akan menyuguhkan pertarungan yang bersejarah. Karena kedua tim yang bertanding punya catatan yang menarik sepanjang perjalanan liga. Prawira Harum Bandung untuk pertama kalinya bisa tampil di final, sejak perubahan nama mereka. Ini bakal jadi kebanggaan tersendiri bagi publik basket di Bandung.

Melihat roster Prawira musim ini, bisa disimpulkan bahwa sebagian besar pemainnya belum pernah tampil di Final IBL. Tapi tunggu dulu, kalau dicermati lebih detail, maka ada beberapa nama yang pernah merasakan atmosfer laga puncak liga. Pertama ada Fernando Fransco Manansang. Pemain asal Sulawesi Utara tersebut sebelum membela Prawira, bermain untuk Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Jadi dia pernah merasakan satu kali Final IBL di tahun 2022. 

Kemudian ada Yosua, yang juga pernah merasakan tampil di Final IBL 2017. Karena dia bagian dari tim Satria Muda. Pada saat itu, Satria Muda kalah di partai puncak dari Pelita Jaya. Dan, menjadi gelar terakhir yang diperoleh Pelita Jaya sepanjang perjalanan mereka, sebelum sampai ke Final IBL tahun ini. 

Fakta menarik lainnya adalah David Singleton, pelatih Prawira yang akhirnya sukses membawa timnya ke final. Singleton mencetak sejarah liga sebagai pelatih yang meraih gelar Coach of the Year tiga tahun berturut-turut dengan dua tim yang berbeda (2021 - Bima Perkasa Jogja, 2022 dan 2023 - Prawira). Namun baru sekarang Singleton tampil di partai puncak yang bersejarah. 

Berbicara soal sejarah, Prawira tak bisa dilepaskan dari sejarah mereka sebagai tim yang mewakili Kota Kembang. Prawira merupakan perubahan dari klub Garuda, atau bahkan kalau ditarik ke belakang lagi, mereka juga punya nama Panasia. Di era Kobatama, Panasia pernah menjadi juara di tahun 1994, 1997, dan 1998. Sejak saat itu, tim yang berubah nama menjadi Garuda di tahun 2006 tersebut seperti mengalami kekeringan. 

Baru pada tahun 2008, Garuda masuk final di turnamen tahun 2008. Tapi tidak pernah bisa menambah koleksi trofi mereka. Kini mereka bisa sampai ke final lagi, dan untuk pertama kalinya sejak berganti nama menjadi Prawira di tahun 2018. 

Jangan lupa, saksikan IBL Finals 2023 antara Prawira Harum Bandung melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta, yang akan dimulai pada 20 Juli 2023. Sistem best-of-three dengan home-and-away, jelas semakin memanaskan persaingan kedua tim untuk mengukir sejarah mereka. (*) 

Baca Juga: Fakta -fakta yang Bakal Membuat IBL Musim 2023 Lebih Istimewa

0 Comments