News Games

Defense Dewa United Surabaya Belum Solid

12 February 2022
|

Menang 5 kali dari 6 laga tentu membuat fans Dewa United Surabaya sangat senang. Apalagi tim kesayangan mereka ada di papan atas White Division pada klasemen sementara IBL Tokopedia 2022. Tapi bukan berarti pencapaian ini tidak membuat Dewa United lolos dari sorotan, khususnya dari sisi defense. 

Kalau IBL Fans mengikuti perkembangan liga musim 2022, maka akan menemukan beberapa momen di mana Dewa United harus berjuang mati-matian hingga detik terakhir untuk merengkuh kemenangan. Ini bukan perkara sederhana. Karena kalau melihat roster yang ada, seharusnya di atas kertas, Dewa United bisa memetik kemenangan tanpa harus bersusah payah di menit-menit akhir. 

Uniknya, Dewa United di musim 2022 ditopang oleh pemain non-asing alias lokal. Mereka yakni Kaleb Ramot Gemilan (16,7 PGG), Kevin Moses Eliazer Poetiray (13,5 PPG), dan Xaverius Prawiro (12,7 PPG). Justru kontribusi poin pemain asing Dishon Lowery dan Darryl Palmer, serta pemain naturalisasi Jamarr Andre Johnson, di bawah mereka. Dengan kata lain head coach Andika Supriadi Saputra belum menemukan komposisi yang cocok untuk asingnya, sehingga mereka terlihat kurang berkontribusi. 

Padahal kalau melihat dari catatan statistik secara keseluruhan, Dewa United termasuk tim yang bagus. Sejauh ini mereka mencetak rata-rata 72,7 PPG. FG precentage di angka 40,1%, 3PTS precentage di kisaran 34,2%, dan terakhir ada free throw precentage di angka 67,0%. Di offense sudah tidak diragukan lagi kemampuan mereka. Tapi sebaliknya, defense yang masih bermasalah. 

Points per game of opponent Dewa United cukup tinggi yakni 69,9 points. Rata-rata poin kemasukan mereka hampir sama dengan poin memasukkan. Sayangnya lagi, field goals precentage 2pts lawan cukup tinggi dengan 47,5%. Sederhananya Dewa United kurang mampu mempertahankan area sekitar ring. Karena lawan bisa dengan mudah mencetak poin dari area tersebut. Kemudian jumlah block Dewa United cukup rendah dengan 1,8 BPG dalam 6 game ini. 

Seandainya offense yang bagus dibarengi defense yang kuat, sudah tentu menjadikan Dewa United tim yang menakutkan. Apalagi mereka menyandang status sebagai tim bertabur bintang dengan adanya beberapa pemain yang pernah meraih gelar MVP di IBL. Berharap saat liga bergulir kembali, Dewa United bisa memperbaiki kesalahan dan tampil lebih baik lagi. (*)

Baca Juga: Mengintip Peran Baru Wendha di Dewa United Banten

0 Comments