Debut Pertama Wasit Indonesia di FIBA World Cup


Sep 01, 2019

Beijing (31/08/2019) - Wasit basket Indonesia yang diakui dunia bola basket internasional, Harja Jaladri, hari ini dipercaya memimpin laga Pantai Gading vs Cina pada FIBA World Cup 2019 di Cina. FIBA World Cup 2019 betlangsung sejak tanggal 31 Agustus hingga 15 September 2019 di China dan diikuti oleh 32 negara.

"Suatu kebanggaan bagi bola basket Indonesia. Wasit Indonesia Basketball League (IBL) dipercaya memimpin laga kelas dunia. Hal ini membuktikan bahwa wasit Indonesia memiliki kemampuan," kata Erick Thohir, anggota Central Board FIBA yang juga anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Harja yang juga wasit terbaik IBL bersyukur memperoleh kesempatan memimpin laga FIBA World Cup. "Semoga teman teman wasit Indonesia lain bisa memiliki kesempatan seperti saya. Karena kita memang mampu," katanya. Sebagai persiapan menghadapi ajang tersebut, Harja mendapat program latihan fisik dari FIBA dan ia sendiri diharuskan untuk melapor hasil dari latihan fisik tersebut secara online kepada FIBA. “Doakan, saya bisa memimpin pertandingan dalam Olimpiade Tokyo 2020 nanti,” tambahnya.

Sebagai wasit, Harja sudah diakui secara internasional sejak tahun 2005. Banyak prestasi gemilang yang pernah ditorehkan wasit asal Cirebon itu. Harja Jaladri terpilih sebagai wakil FIBA Asia mengikuti NBA Summer Camp di Las Vegas, Amerika Serikat. Tahun 2018 Harja juga terpilih  mengikuti kejuaraan dunia Bola Basket Wanita di Spanyol, selain dinobatkan menjadi wasit terbaik di Indonesia Basket Ball League 2018/2019.

Photo: FIBAWC