News Event

Brandone Francis Jadi Pemain Asing Terbaik di Tahun Pertamanya

10 July 2023
|

Baru datang di liga, namun Brandone Francis sudah membuat IBL Fans kagum. Prawira Harum Bandung tidak salah memilihnya dalam IBL Draft Foreign Players 2022. Karena Francis punya andil besar membawa Prawira sampai ke semifinal musim ini. Francis juga dinobatkan sebagai Best Foreign Player IBL Tokopedia 2023. 

IBL Fans tentu sudah bisa menebak sejak awal. Karena dari lima pemain kandidat Best Foreign Player, Francis memang tampil paling menonjol. Dia memimpin average points di liga denga 24,2 ppg. Francis punya 2PTS FG% yang sangat tinggi yakni 60,6%. Dia menjadi pendulang poin utama di tim Prawira. 

Francis sekali mencetak thriple double saat Prawira menang 84-50 melawan Evos Thunder Bogor, 18 Maret 2023. Dia memasukkan 22 poin, merebut 13 rebound, dan mengirim 12 assist. Sementara poin tertinggi yang pernah dicetak Francis di musim reguler adalah 41 poin. Ini dibuat pada saat Prawira menang 78-61 atas RANS PIK Basketball, 19 Januari 2023. 

Kembali soal IBL Awards, Francis menang mutlak dengan 14 suara pilihan pertama. Dia mendapatkan poin 163 dan unggul jauh dari peringkat kedua, yakni Cameron Coleman dari Bima Perkasa. Di urutan ketiga hingga kelima, ada Morakinyo Williams (Elang Pacific Caesar), Anthony Johnson (Dewa United), dan Tyron Criswell (Tangerang Hawks). 

Francis dan tim Prawira akan tampil di babak semifinal menghadapi Dewa United. Prawira mendapatkan home advantage karena mereka adalah pemimpin klasemen akhir IBL Tokopedia 2023. Sebelum memastikan lolos ke semifinal, Prawira menyapu bersih Bumi Borneo Basketball Pontianak (2-0). (*)

Baca Juga: Setelah Juara IBL, Brandone Francis Gabung Timnas Republik Dominika

0 Comments