News News

Animo FIBA World Cup 2023 Dipastikan Terus Bertambah

25 August 2023
|

Guna mengantisipasi animo tinggi penonton memasuki Indonesia Arena dijeda pergantian pertandingan FIBA World Cup 2023, LOC menyiapkan berbagai skenario untuk laga-laga selanjutnya. 

Hal ini dilakukan setelah melihat antusiasme penggemar basket di pembukaan FIBA World Cup 2023, Jumat (25/8) petang yang berjalan sukses. Saking besarnya minat penonton, sempat terjadi antrian panjang pada arus keluar masuk penonton secara bersamaan ketika gim pertama menuju gim kedua.

Apalagi ada upacara pembukaan yang  menyita perhatian banyak penonton dan menahan mereka sebelum upacara pembukaan dimulai untuk berfoto sebelum tip off pertandingan kedua pukul 20.30 WIB. 

Mengantisipasi hal tersebut, panpel lokal atau LOC telah menyiapkan berbagai skenario, terutama untuk pengaturan keluar masuk penonton. Salah satunya dengan memisahkan alur masuk dan keluar, sekaligus membuka semua pintu keluar.

"Ini hari pertama FIBA World Cup. Kami gembira atas antusiasme penonton yang ingin menyaksikan upacara pembukaan dan big match, Kanada vs Prancis. Apalagi fans Latvia juga banyak di game pertama. Selanjutnya, di laga yang memainkan tim unggulan, seperti Spanyol, Kanada, Prancis, dan Latvia kami akan mengatur pergerakan penonton lebih lancar," ujar Sekjen Panpel, Junas Miradiarsyah, usai laga Kanada vs Prancis.

Sebelumnya, agar tidak terjadi hambatan menuju stadion, panpel telah melakukan pengaturan agar tidak ada/membatasi mobil masuk ke kawasan GBK. LOC pun menyediakan shuttle service dengan bus listrik yang bisa digunakan oleh para penonton FIBA World Cup 2023 yang memiliki tiket. 

Bus ini akan berkeliling seputaran wilayah Gelora Bung Karno. Ada enam titik penjemputan bus listrik dengan rute mulai dan berakhir di Halte Gelora (Gate 11). 

Operasional shuttle service akan dimulai pada 25 Agustus hingga 3 September 2023. Dengan jam operasional 25 Agustus 2023, mulai pukul 14.15 WIB - 00.30 WIB. Lalu, 26 Agustus - 3 September 2023, pukul 14.45 WIB - 00.30 WIB. Dengan interval 10-15 menit di setiap titik jemput. 

Sementara itu, Polda Metro Jaya mengerahkan 1.563 personel untuk pengamanan FIBA World Cup 2023, 25 Agustus - 3 September ini di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Pengamanan merupakan gabungan dari Satgasda (satuan tugas daerah), Satgasres (satuan tugas resort), dan BKO (bawah kendali operasi) TNI. 

"Ini terdiri dari 1.066 personel Satgasda, 487 Satgasres, dan 10 BKO TNI. Pengamanan diberikan mulai dari kedatangan tim, rute yang dilalui, tempat pertandingan, penginapan, hingga nanti kepulangan tim beserta rangkaian kegiatan lainnya," kata Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Metro Jaya Kombes Pol Nurkolis dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Menurutnya rangkaian kegiatan operasi ini merupakan sebuah tantangan tugas bagi seluruh personel pengamanan. Mengingat berhasilnya acara ini akan berdampak pada citra positif masyarakat internasional terhadap Indonesia. Efeknya, meningkatkan daya tarik penyelenggaraan agenda olahraga internasional di Indonesia kedepannya. 

FIBA World Cup 2023 di Jakarta akan menggelar laga babak penyisihan di dua grup. Grup G dihuni oleh Spanyol, Iran, Pantai Gading, dan Brazil, sementara Grup H berisikan Kanada, Latvia, Lebanon dan Prancis.

Pertandingan akan berlangsung pada dua waktu, gim pertama dimulai pada pukul 16.45 WIB. Sedangkan laga kedua akan digelar pada pukul 20.30 WIB. Pembuka FIBA World Cup 2023 Indonesia, Jumat (25/8/2023) ini telah mempertandingkan laga antara Latvia dan Lebanon dengan skor 109-70, kemudian di laga kedua Kanada melawan Prancis dengan hasil 95-65

Baca Juga: Sejumlah Public Figur dan Influencer Sampaikan Dukungan untuk Penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022

0 Comments