Abraham Damar Grahita Paling Produktif


Apr 08, 2022

Kalau berbicara soal catatan statistik rata-rata di IBL Tokopedia 2022 untuk pencetak poin terbanyak dari pemain lokal, maka jawabannya hanya mengerucut pada dua nama. Mereka adalah Abraham Damar Grahita milik Prawira Bandung dan Kaleb Ramot Gemilang dari Dewa United Surabaya. Namun dari keduanya, hanya Abraham yang masuk TC Timnas Indonesia proyeksi SEA Games Vietnam. 

Kehadiran Abraham Damar Grahita di Prawira mendorong tim tersebut menjadi sangat bagus dalam dua musim terakhir. Bahkan setelah head coach David Singleton masuk, Abraham Damar menjadi salah satu sosok yang bermain efektif, dan faktor keberhasilan Prawira di IBL Tokopedia 2022. Abraham juga ditunjuk sebagai kapten tim, karena dianggap mampu memimpin rekan-rekannya. 

Pada musim 2021, saat berada di bawah kendali head coach Andre Yuwadi, Abraham bisa mencetak 16,7 PPG, 5,4 RPG, dan 2,9 APG dalam 19 game. Prestasi Prawira hanya terhenti di babak pertama Playoffs. Sementara setelah ditangani oleh head coach David Singleton, beban Abraham lebih ringan. Musim 2022, dia mencetak 14,4 PPG, 4,4 RPG, dan 3,) APG dalam 21 game di regular season. Prawira sendiri berada di peringkat ke-3 klasemen akhir reguler season IBL Tokopedia 2022. 

Field goals precentage pemain asal Bangka Belitung ini juga sangat baik. Dia mencetak 54,3% untuk tembakan dua poin, dan 38,3% untuk tembakan three point. Sementara dari free throw dia mencetak 76,5%. Selain itu, Abraham juga bisa menambahkan 1,3 steal per game, dan menurunkan TO menjadi 1,9 kali per game dalam musim 2022. 

Soal caps di timnas, sudah tidak perlu dibahas lagi. Karena sejak kehadirannya di liga profesional Indonesia, Abraham selalu terpilih menjadi salah satu penghuni skuad timnas. Kali ini Abraham bakal membuktikan bahwa dirinya bisa membawa pulang medali dari Vietnam. (*)