Tembus Bimasakti, Aspac Balik Ke Jalur Kemenangan

Usai menelan kekalahan pada dua laga sebelumnya, M88 Aspac Jakarta akhirnya bisa meraih kemenangan di seri VI Indonesian Basketball League (IBL) 2016. Tim yang diarsiteki oleh Coach Jugianto Kuntardjo itu menaklukkan Bimasakti Nikko Steel Malang, dengan skor 76-56 di GOR Kertajaya, Surabaya, hari Selasa (26/04/2016). 
 
Ebrahim “Biboy” Enguio Lopez mencetak double-double, 14 points dan 10 rebounds untuk Aspac. Tiga peman Aspac lainnya juga tampil produktif, yaitu Handri Santosa (14 poin), Alkristian Chandra (10 poin), dan Oki Wira Sanjaya (10 poin). Di Bimasakti, Restu Dwi Purnomo menjadi yang terbaik dengan koleksi 18 poin. 
 
Bimasakti memeragakan defense yang cukup baik di kuarter pertama. Alhasil, para shooter Aspac tidak leluasa untuk melakukan tembakan dari area luar. Melihat anak asuhnya kesulitan mencetak angka, Coach Jugianto Kuntardjo pun mengambil time out saat tertinggal 2-4. Namun, situasi permainan tak lantas berubah setelahnya, sehingga Aspac memasukkan Handri Santosa ke dalam lapangan. Strategi tersebut pun berbuah manis karena Handri langsung mencetak dua tembakan tiga angka akurat. Aspac pun mengakhiri kuarter pertama dengan keunggulan tipis 14-13.
 
Aspac mulai meninggalkan perolehan poin lawan di kuarter kedua. Hal ini tak terlepas dari penampilan gemilang Biboy yang mencetak 14 poin, termasuk empat kali tembakan tiga akurat di kuarter ini. Sementara itu, penampilan Bimasakti malah menurun, sehingga hanya berhasil mencetak tiga angka tambahan. Aspac pun melebarkan keunggulan 39-16 pada akhir kuarter kedua.
 
Restu Dwi Purnomo dan Made Indra memimpin rekan-rekannya di Bimasakti untuk bangkit di kuarter ketiga. Bimasakti mencoba tampil lebih agresif di paint area lawan. Akan tetapi, Aspac tak mengendurkan serangannya sama sekali. Tim asal Jakarta itu pun berhasil mempertahankan keunggulan 58-32 saat buzzer kuarter ketiga berbunyi.
 
Meski sudah tertinggal cukup jauh, Bimasakti tetap bermain fight di kuarter keempat. Bahkan, Freddy sempat melakukan dunk di hadapan para pemain Aspac. Sementara, Aspac banyak menurunkan para pemain mudanya. Shooter andalan Aspac, Prastawa, akhirnya berhasil memecah kebuntuan mencetak angka di kuarter ini. Ia membukukan total lima poin.
 
Total 24 poin tambahan berhasil dicetak oleh anak-anak Malang di kuarter penutup ini, sedangkan Aspac hanya mampu meraih 18 poin. Namun, hal itu sudah cukup untuk memastikan kemenangan Aspac dengan skor 76-56.
 
“Setelah kuarter pertama, defense kami bisa tampil lebih baik. Tadi, saya juga banyak melakukan rotasi pemain dengan menurunkan para pemain muda. Tapi, saya agak kecewa karena para pemain muda ini seperti belum siap untuk bertanding. Hal yang perlu dibenahi adalah defense dan fastbreak, khususnya untuk para pemain muda,” ungkap Jugianto Kuntardjo, pelatih Aspac.
 
“Di kuarter pertama kami bisa bermain dengan baik. Tapi, di kuarter selanjutnya Aspac merubah strategi, serta bisa membaca permainan kami. Kerjasama antar pemain juga tidak berjalan dengan baik di lapangan,” kata pelatih Bimasakti, Oei A Kiat. 
 
Kendati menang, Aspac tetap berada di posisi ketiga di klasemen IBL dengan koleksi 53 poin. Bimasakti di posisi kesepuluh dengan 36 poin. Pada pertandingan selanjutnya, Aspac akan berhadapan dengan Hangtuah Sumsel pada hari Kamis (28/04/2016). Sedangkan, pada hari yang sama Bimasakti berjumpa CLS Knights Surabaya. (ivn/IBL)
 
Photo: HP/IBL

Related

NSH Masih berburu pemain jelang IBL 2017/2018

Berlaga di Piala Perbasi, NSH masih mengusung satu pemain asing, Brachon Lanalt Griffin. "Satu lagi kandidatnya adalah Karel Lucas," ujar Cacing.
[more]

Pelita Jaya Juara Lewat Pertarungan Panas

Pelita Jaya EMP tampil sebagai juara Piala Perbasi 2017 setelah dalam laga final yang panas menundukkan juara bertahan Satria Muda Pertamina 82-77 di Britania Arena Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (10/11).
[more]

Menangkan Duel Klasik, Satria Muda Melangkah ke Final Perbasi Cup

Satria Muda Pertamina melangkah ke final Piala Perbasi setelah mengalahkan Stapac di babak semifinal 86-79, Kamis (9/11) di Britama Arena Mahaka Square, Jakarta.
[more]

Download IBL App at:

Play Store Badge App Store Badge