Siliwangi Hapus Harapan Satya Wacana, NSH kejutkan Pelita Jaya

JNE Siliwangi membuyarkan harapan Satya Wacana Salatiga untuk meraih kemenangan perdana. Siliwangi menundukkan Satya Wcana 65-62 di hari pertama seri keempat IBL Pertalite 2017 di Britama Arena Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (18/2). Siliwangi menang 65-62.

Kuarter pertama Siliwangi memimpin 14-10, marjin makin menipis ketika menyelesaikan kuarter kedua, Vinton Noland Surawi dkk hanya unggul tipis 28-26.

Pada kuarter ketiga, Siliwangi merosot sementara Satya Wacana justru bersemangat mengejar ketertinggalan. Satya Wacana menutup kuarter ini dengan keunggulan53-44. Di kuarter terakhir, Siliwangi mulai menemukan cara meredam Satya Wacana dan unggul 65-62. Vinton Noland Surawi mencetak delapan angka, semuanya di kuarter terakhir.

“Kuarter ketiga memang selalu krusial, konsistensi masih jadi kelemahan kami,” kata pelatih Siliwangi, Raoul Miguel Hadinoto. Dia mengaku memasukkan Vinton pada kuarter akhir sebagai salah satu usaha mencari momentum. Sebelum kuarter keempat, Vinton hanya dimainkan 2 menit 57 detik.
“Mungkin ada kesalahan juga pada diri saya. Untung tertinggalnya tidak terlalu jauh di kuarter ketiga,” ujar Ebos, sapaan karib sang pelatih.

Ebos menilai pasukannya memerlukan pemain bertipe pemimpin. Karena itu dia akan menukar point guard asingnya, Danny Trapp dengan pemain asing lainnya, Raheem Singleton. “Danny terlalu tua dan kemampuannya tak berbeda terlalu jauh dengan pemain lokal. Selain itu kami butuh pemimpin,” papar Ebos.
Chris Brand menjadi pencetak angka terbanyak bagi Siliwangi dengan 24 angka. Ferdinand Damanik menambah dengan 10 poin.

Di kubu Satya Wacana, Andre Andriano mencetak 20 angka, Nate Maxey menambah dengan 11 poin dan Jarron Crump mengemas 10 angka. “Jarron agak sakit, dia juga seperti kurang fokus hari ini” kata asisten pelatih Satya Wacana, Rendy Fernando.

“Kami sebenarnya punya peluang menang sayang tak bisa mempertahankan momentum,” kata Andre. “Pelatih sudah meminta kami mainkan tempo, tetapi mungkin terlalu santai,” sambung Andre.

Sementara pada pertandingan berikutnya, NSH Jakarta membuat kejutan dengan mengalahkan tim tangguh Pelita Jaya 74-72.

“Puji Tuhan kami bisa menang,” kata asisten pelatih NSH, Ruspin Gultom. “Menjelang kuarter ketiga, saya sudah bilang pada Gary Jacobs bahwa dia dan Nate Barfield akan dijaga double team, jadi harus memberi umpan keluar kepada rekannya,” katanya.

“Selain itu defense juga jadi perhatian kami. Jika defense berjalan bagus, otomatis ofense akan mengikuti dan hal itu terbukti,” ujar Ruspin.

Gary Jacobs sependapat. “Kami berjuang melakukan defense dan sukses, bila defense bagus maka mengawali serangan juga lebih enak,” kata Jacobs.

Dia sebenarnya masih berkutat dengan cedera engkel. “Cedera makin membaik, apalagi setelah berhasil menang,” katanya sambil tersenyum.

“Pelajaran berharga buat tim kami, bagaimana menjaga pemain impor lawan dan memberi peluang pada pemain impor kami,” kata pelatih Pelita Jaya, Johannis Winar. Dia merujuk pada perolehan dua pemain asing NSH, Gary Jacobs mengemas 21 angka dan Nate Barfield menyumbang 30 angka, sementara pemain lokal NSH paling banyak hanya menyumbang lima angka.

Pada kuarter ketiga saat pemain asing PJ diistirahatkan karena fouled trouble dan cedera, Winar sebenarnya meminta pemain-pemain lokalnya melambatkan tempo permainan, namun hal itu tak dijalankan. “Bermain cepat melawan pemain asing, kita pasti kewalahan dan itu terbukti,” katanya. Turn over PJ yang mencapai 24 kali juga dinilainya terlampau banyak.

“Anak-anak bermain terburu-buru sehingga melakukan beberapa kali turn over,” keluhnya.

Kore White menjdi pencetak angka terbanyak bagi PJ dengan 26 poin, Respati Ragil Pamungkas menambah dengan 19 angka.

Related

NSH Mencari Pelatih Baru

Ditinggal coach Inyo ,NSH jakarta mencari pelatih baru.
[more]

Ini Alasan Koming Mundur dari Timnas

Masuk Tim Nasional membutuhkan konsentrasi dan fokus penuh
[more]

Bangun Home Base Baru, Pelita Jaya Diharapkan Lebih Berprestasi Lagi

Memiliki sarana dan prasarana sendiri akan untungkan PJE  
[more]

Download IBL App at:

Play Store Badge App Store Badge