SATRIA MUDA CIPTAKAN HUJAN POINTS DI PACIFIC

Satria Muda Pertamina Jakarta raih tiga kemenangan beruntun pada laga lanjutan Indonesian Basketball League (IBL) 2016 series  VI. Pada pertandingan yang dihelat  di GOR Kertajaya, Surabaya (26/04/2016) ini, Satria Muda kembali menunjukkan tajinya dengan meraih kemenangan meyakinkan atas Pacific Caesar Surabaya dengan skor akhir 94-37. Hasil ini menjadikan head to head kedua tim menjadi 3-0 untuk Satria Muda. 
 
Gunawan dan Vinton Nolland Surawi menjadi top performer bagi Satria Muda, keduanya sama-sama mengemas 19 points. Yosua juga turut berkontribusi pada kesuksesan Satria Muda dengan sumbangan 12 points dan disusul oleh Arki Dikania Wisnu dengan 10 points. Sementara bagi Pacific, Yerikho Tuasela menjadi pendulang angka terbanyak dengan perolehan 10 angka.
 
Dua kemenangan yang diraih pada pertandingan sebelumnya melawan Pacific menjadi bekal bagi Satria Muda untuk tampil penuh percaya dini sejak kuarter pertama dimulai. Satria Muda memimpin perolehan angka sementara 10-0. Kendati demikian, Yerikho Tuasela dan kawan-kawan tak lantas menyerah. Pacific meraih 10 poin beruntun dan menyamakan kedudukan menjadi 10-10.
 
Di kuarter ini Pacific kurang mampu menjaga paint areanya dengan baik. Sebanyak 14 points in the paint sukses dibukukan Satria Muda.  Skor 19-12 mengakhiri kuarter pertama untuk keunggulan Satria Muda.
 
Memasuki kuarter kedua, Satria Muda semakin memegang kendali permainan. Ketajaman para pemain di paint area lawan masih terjaga di kuarter ini. Serangan kilat tim asuhan coach Cokorda Raka Satrya Wibawa tersebut juga tidak dapat diantisipasi dengan baik oleh Pacific. Satria Muda begitu produktif dalam mencetak angka di kuarter kedua, dengan raihan 30 points. Disisi lain, akurasi tembakan dari Pacific justru mengalami penurunan. Satria Muda pun berhasil unggul 49-17 di akhir kuarter kedua
 
Selepas half time, serangan yang berusaha dibangun oleh Pacific semakin tumpul. Pacific kesulitan untuk menembus area pertahanan lawan yang rapat. Selain itu mereka juga sangat banyak melakukan turnover di kuarter ketiga ini, yaitu dengan 11 turnover. Dan Satria Muda mampu mengkonversi banyaknya turnover lawan menjadi points, mereka sukses mengumpulkan 12 points from turnovers. Pertarungan di kuarter ketiga berakhir masih untuk keunggulan Satria Muda, 71-24.
 
Di kuarter pamungkas laju perolehan angka Satria Muda semakin tak terbendung. Lagi-lagi paint area lawan menjadi lahan subur Satria Muda untuk terus menambah pundi-pundi perolehan angka. Pemain Satria Muda juga tampil cemerlang di bawah ring, sebanyak delapan points tercipta melalui second chance. Pertandingan pun berakhir untuk kemenangan Satria Muda dengan margin keunggulan yang cukup jauh, 94-37. 
 
Turnover dari Pacific hari ini sangatlah tinggi, yaitu dengan 35 turnovers. Ditinjau dari statistik pertandingan, Satria Muda unggul dari semua sektor. Mayoritas points yang mereka dapatkan adalah point dari paint area lawan.
 
“Hari ini anak-anak bermain begitu agresif. Defense mereka juga bagus, sehingga dapat memaksa lawan melakukan 35 turnovers. Evaluasi saya dari pertandingan hari ini adalah dari segi turnover, anak-anak masih sering melalukan turnover yang sebenarnya tidak perlu dilakukan,” ujar head coach Satria Muda, Cokorda Raka Satrya Wibawa mengomentari kemenangan timnya.
 
“Komunikasi antar pemain masih menjadi masalah di tim saya, sehingga kami sering membuat banyak turnover,” tutur Yerikho Tuasela, top scorer bagi Pacific pada pertandingan hari ini.
 
JNE Bandung Utama akan menjadi lawan bagi Satria Muda pada pertandingan berikutnya, Kamis (28/04/2016). Sementara Pacific akan melakoni laga derby Surabaya melawan pemuncak klasemen sementara IBL 2016, CLS Knights Surabaya, Rabu (27/04/2016). (ERL/IBL)
 
Photo: HP/IBL

Related

Pelita Jaya Juara Lewat Pertarungan Panas

Pelita Jaya EMP tampil sebagai juara Piala Perbasi 2017 setelah dalam laga final yang panas menundukkan juara bertahan Satria Muda Pertamina 82-77 di Britania Arena Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (10/11).
[more]

Menangkan Duel Klasik, Satria Muda Melangkah ke Final Perbasi Cup

Satria Muda Pertamina melangkah ke final Piala Perbasi setelah mengalahkan Stapac di babak semifinal 86-79, Kamis (9/11) di Britama Arena Mahaka Square, Jakarta.
[more]

Duel Klasik di Semifinal Piala Perbasi

Satria Muda menyusul Stapac ke semifinal setelah mengalahkan NSH 83-67, Rabu (8/11) dan menjadi juara grup C.
[more]

Download IBL App at:

Play Store Badge App Store Badge