NSH Tutup Peluang Bandung Utama ke Playoffs

NSH Jakarta menutup peluang JNE Bandung Utama untuk lolos ke babak playoffs. Hal itu terjadi usai Azzaryan Pradhitya dan kawan-kawan sukses mengalahkan Bandung Utama dengan skor 61-59 di lanjutan seri VI Indonesian Basketball League (IBL) 2016.

 

Budi Margono tampil sebagai pendulang angka terbanyak bagi NSH dengan 16 poin pada pertandingan yang digelar di GOR Kertaja, hari Rabu (27/04/2016). Di Bandung Utama, Gian Gumilar menjadi yang terbaik dengan torehan 13 poin.

 

Kedua tim mengusung target berbeda pada pertandingan ini. NSH ingin memperbaiki posisinya di klasemen, sementara Bandung Utama tetap ingin menghidupkan asa untuk lolos ke play offs.

 

Pertandingan berlangsung cukup sengit di kuarter pertama, hingga terjadi lima kali lead changes. Strategi full court press defense yang dipasang oleh Bandung Utama, berhasil memaksa para pemain lawan untuk melakukan kesalahan sendiri. Di sisi lain, NSH banyak mengandalkan kecepatan dari para small man mereka untuk membongkar pertahanan lawan. Bandung Utama unggul 14-10 pada akhir kuarter pertama.

 

NSH mengawali start yang baik di kuarter kedua, dan berbalik unggul 15-14. Bandung Utama segera merespons dengan merebut lima poin beruntun. Namun, fokus permainan Bandung Utama mulai menurun setelahnya. Turnovers Bandung Utama meningkat, dan berhasil dimanfaatkan menjadi 10 poin oleh lawan. Kebangkitan NSH tak terlepas dari akurasi tembakan tiga angka yang baik dari Budi Margono. Barisan bigman tim asal Jakarta pun sudah mulai bisa menyaingi para pemain besar lawan. Alhasil, perolehan poin NSH melaju kencang, sekaligus memastikan keunggulan 28-21 sebelum jeda half time.

 

Momentum NSH berlanjut ke kuarter ketiga. Puncaknya, three point shoot beruntun dari Budi dan Raylly membuat NSH unggul 45-32. Pelatih Bandung Utama, Ocky Tamtelahitu, lantas mengganti lima pemainnya yang berada di lapangan. Startegi tersebut pun berbuah manis karena Bandung Utama berhasil mendulang poin beruntun. Saat buzzer berbunyi, Bandung Utama menipiskan ketinggalan menjadi 42-47.

 

Mengawali kuarter keempat, Bandung Utama bermain lebih agresif dalam menyerang. Perlahan tapi pasti, tim asal kota kembang itu pun mampu memangkas margin ketinggalan menjadi dua poin. Bandung Utama memiliki kesempatan untuk comeback di detik-detik terakhir. Namun, tembakan dari Gian Gumilar tidak berhasil menemui sasaran. Tri Wilopo yang mendapat offensive rebound pun tak sempat untuk melakukan tembakan terakhirnya. Alhasil, Bandung Utama kalah dengan skor 59-61.

 

Dengan koleksi 40 poin dan tinggal menyisakan tiga game, Bandung Utama sudah tak mungkin lagi menyusul peringkat tim di atasnya. Di sisi lain, Satya Wacana Salatiga dan Hangtuah Sumsel yang berada di posisi ketujuh dan kedelapan pun otomatis lolos ke babak play off. Bagi NSH, kemenangan ini membuat mereka unggul 2-1 dalam rekor head to head melawan Bandung Utama.

 

“Kemenangan ini sudah dikasih oleh Tuhan. Sebelumnya, saya telah mempelajari permainan mereka melalui rekaman video. Dan, di game tadi kami berusaha untuk memperkuat defense,” ungkap Pelatih NSH, Mayckel Ferdinandus.

 

“Semua pemain bisa bermain bagus pada pertandingan ini. Kami juga berusaha untuk mengikuti semua instruksi dari pelatih. Di tiap pertandingan saya dan teman-teman berusaha untuk berkotribusi besar terhadap tim, dan tidak mau boleh tergantung pada Pradhitya saja,” ujar Budi Margono, top scorer NSH di game ini.

 

“Kita memberikan game ini kepada mereka. Dalam pengertian, Bandung Utama kehilangan pemain pilar seperti Luke, Fendi, dan Papin. Ini yang membuat kami tampil tidak komplit. Seperti yang sudah saya katakan, Bandung Utama merupakan tim muda yang terus berkembang. Meski hari ini kalah, bukan berarti kami tidak akan fight di laga berikutnya,” kata pelatih Bandung Utama, Octaviarro “Ocky” Tamtelahitu, yang tak lupa memberikan apresiasi kepada seluruh pemainnya.

 

Pada pertandingan berikutnya, NSH akan berjumpa Bimasakti Nikko Steel Malang, Sabtu (30/04/2016).  Sementara, hari Kamis (28/04/216), Bandung Utama akan bertemu Satria Muda Pertamina Jakarta. (ivn/IBL)

 

Photo: HP/IBL

Related

NSH Mencari Pelatih Baru

Ditinggal coach Inyo ,NSH jakarta mencari pelatih baru.
[more]

Aspac dan Satria Muda memulai seri 8 dengan kemenangan

 Perlawanan keras BPJ belum cukup kalahkan Aspac, sementara Satria Muda menerapkan taktik yang tepat untuk mengalahkan NSH
[more]

NSH Sulitkan CLS, Pelita Jaya bangkit hajar Satya Wacana

Tanpa pemain asing andalannya NSH hampir kejutkan CLS, Pelita Jaya kembali ke jalur kemenangan
[more]

Download IBL App at:

Play Store Badge App Store Badge