Hangtuah Cipta Sejarah di IBL Pertalite 2017 - 2018

BSB Hangtuah mencatat sejarah maju ke babak semifinal IBL Pertalite 2017/2018 setelah menundukkan tuan rumah Garuda Bandung 64-59 pada laga ketiga playoffs Divisi Merah di C'Tra Arena Bandung, Senin. Inilah semifinal pertama Hangtuah sejak keikutsertaan mereka dalam kompetisi bola basket tertinggi Indonesia.

Garuda memberi harapan besar pendukungnya saat mengawali laga.Langsung melesat 13-1 dan menutup kuarter pertama 18-3.

Keadaan berbalik di kuarter kedua. Hangtuah melesat lewat duo pemain impornya. Keenan Palmore mencetak 16 poin dan Nashon George menambah delapan poin membuat Hangtuah berbalik unggul 27-22.

Paruh awal kuarter ketiga, Hangtuah makin kencang menjauh 39-24, namun Garuda pantang menyerah terus mengejar walau Hangtuah tetap memimpin 44-40 diakhir kuarter.

Pertandingan masih berjalan ketat di kuarter akhir. Hangtuah berhasil terus mempertahankan hingga gim berakhir, 64-59.

"Terima kasih Tuhan. Saya tak tahu harus ngomong apa. Pertandingan sangat menegangkan," kata pelatih Hangtuah, Andika Saputra.

Garuda tidak menurunkan big man impor Roderick Flemings yang cedera saat gim kedua. "Anak anak baru tahu Flemings tidak bermain saat di lapangan. Mungkin itu membuat mereka over confidence sehingga kurang bagus di kuarter pertama," kata Andika.

Sebelum kuarter kedua, Andika coba mengangkat semangat tim. "Saya tanya apakah mereka mau menang? Saya minta untuk tidak tegang dan berhasil," katanya.

Nashon George mencetak double double dengan 30 angka dan 21 rebound. Keenan Palmore menambah 27 poin. "Start saya lambat. Saya bangga dengan tim ini, walau tertinggal tetap berjuang hingga akhirnya menemukan jalan untuk menang," kata George.

Di kubu Garuda, Gary Jacobs mengemas 24 angka. Luke Martinus menyumbang 11 angka. "Tanpa Roderick kami tidak gentar karena para pemain lokal sudah bertekad mengambil alih tanggung jawab," kata Luke.

Pelatih Garuda, Andre Yuwadi juga memberi apresiasi pada pasukannya. "Mereka memulai gim dengan bagus. Di kuarter kedua tertinggal tapi terus berusaha mengejar," katanya.

Absennya Flemings memang berpengaruh. "Big man lokal kami diawal gim masih bisa menahan George namun basket bukan hanya 10 menit tetapi 40 menit. Size memang berpengaruh," katanya.

Di kuarter kedua Hangtuah menerapkan zone defense setelah sebelumnya melakukan man to man pada kuarter pertama. "Tanpa Flemings kami susah menembus zona defense lawan," ujar Andre.

Dengan sportif Andre memberi selamat pada Hangtuah. "Selamat buat Hangtuah, semoga bisa bermain lebih bagus di babak semifinal melawan Satria Muda," tuturnya.

Related

Garuda Bandung Tak Banyak rubah komposisi pemain

"70 hingga 80 persen formasi kami tetap sama walau bakal ada penambahan pemain," kata pelatih Garuda, Andre Yuwadi.
[more]

Kalahkan BSB Hangtuah di laga penentuan , Satria Muda Melangkah ke Final IBL Pe...

"Kami sudah optimis menang sebelum gim setelah melakukan evaluasi dan membaca permainan mereka di gim kedua," kata Juan. "Saya sendiri bermain nothing to loose, tekad kami kuat untuk tidak terhenti di kandang sendiri," ujarnya.
[more]

BSB Hangtuah paksa Satria Muda mainkan gim ke 3 semifinal IBL Pertalite divisi m...

"Anak anak mau bermain untuk menang. Kami bermain sebagai tim. Menghadapi Satria Muda tak bisa mengandalkan skill individu," kata pelatih Hangtuah, Andika Saputra.
[more]

Download IBL App at:

Play Store Badge App Store Badge