Garuda Akhiri Paceklik Kemenangan Usai Tundukkan Satya Wacana

Garuda Bandung mengakhiri paceklik kemenangannya di seri 6 Indonesian Basketball League (IBL) 2016  usai berhasil menghempaskan perlawanan dari Satya Wacana Salatiga. Garuda menang dengan skor akhir 91 – 48 pada laga yang digelar GOR Kertajaya, Surabaya, Jum’at  (29/04/2016). Ini merupakan kemenangan perdana Garuda di seri  keenam, setelah pada tiga pertandingan sebelumnya, mereka mengalami kekalahan.
 
Daniel Wenas menjadi lumbung point bagi Garuda dengan raihan 24 points. Selain Daniel, tiga pemain Garuda lainnya juga mencetak double digit point. Mereka adalah Diftha Pratama (20 poin), Gabriel Risky Batistuta (16 poin) dan Muhammad Dhiya Ulhaq (12 poin). Sementara  di kubu Satya Wacana, Respati Ragil Pamungkas menjadi yang terbaik dengan torehan 9 points. 
 
Satya Wacana menurunkan beberapa pemain rookienya sebagai starting five, mereka ialah Vincent Sanjaya dan Elyakim Tampa’i.
 
Meski kedua tim telah mengamankan tiket ke babak playoffs, keduanya tetap menunjukkan pertarungan yang sengit sejak laga di mulai. Di kuarter pertama ini Garuda bersih dari turnover. Mereka bahkan meraup 10 points dari turnover yang dilakukan sang lawan. Daniel Wenas tampil impresif, ia meyumbang 11 points bagi timnya di kuarter ini. Garuda unggul 22-19 di akhir kuarter pertama.
 
Di kuarter kedua Garuda semakin menekan pertahanan lawan. Mereka tampil gemilang di paint area lawan sehingga mampu menghasilkan 16 points in the paint. Disisi lain akurasi tembakan dari anak-anak Salatiga justru mengalami penurunan, mareka juga masih banyak melakukan turnover di kuarter ini Kuarter kedua ditutup untuk keunggulan Garuda, 45-24.
 
Selepas jeda half time, laju perolehan angka Garuda kian tak terbendung. Lima three point shoots akurat yang dilesatkan para pemain Garuda semakin menjauhkan margin keunggulan mereka dari tim lawan. Garuda melebarkan keunggulan 74-38 di akhir kuarter ketiga.
 
Para pemain Garuda tetap mempertahankan permainan agresifnya hingga di kuarter pamungkas. Sebanyak 17 poin tambahan yang berhasil dikumpulkan para pemain Garuda di kuarter ini membawa mereka mampu menutup pertandingan dengan kemenangan atas Satya Wacana 91-48.
 
Ditilik dari statistik, Garuda memang unggul di semua sektor, baik dari rebounds, assists, maupun akurasi tembakan. Sedangkan Satya Wacana terlalu  banyak melakukan turnover, hingga mencapai angka 23 turnovers.
 
“Puji Tuhan kami bisa meraih kemenangan, setelah kami kalah di tiga pertandingan sebelumnya. Saya katakan kepada anak-anak untuk tetap respect terhadap game dan menunjukkan permainan terbaiknya, meskipun memang sudah tidak berpengaruh untuk standing tim di papan klasemen. Saya juga ingatkan kepada mereka untuk sebisa mungkin menghidari cedera.” tutur pelatih Garuda Bandung, Fictor Gideon Roring.
 
“Pada pertandingan hari ini saya memang sengaja untuk kasih minute play kepada para pemain rookie. Jadi meskipun kami kalah, tapi minimal mereka (para pemain rookie) mendapat pengalaman bertanding,” ungkap Efri Meldi, pelatih Satya Wacana Salatiga.
 
Ini merupakan pertandingan terakhir bagi Satya Wacana di seri terakhir IBL 2016. Hingga berita ini diturunkan, Satya Wacana masih menduduki peringkat tujuh klasemen. Sementara Garuda Bandung masih akan melakoni laga lanjutan melawan Satria Muda Pertamina Jakarta, Sabtu (30/04/2016). (erl/IBL)
 
Photo: HP/IBL

Related

Kalah dari Thailand, Tim 3X3 Indonesia Masih Miliki Kesempatan

“Kita masih akan bertanding melawan Guam dan Cina Taipei, Kamis (21/9).
[more]

Bank BJB Garuda Ikuti Karnaval Pesona Parahyangan

Bank BJB Garuda Bandung melakukan parade bersama tim sepakbola kebanggaan Kota Kembang, Persib Bandung dalam karnaval yang dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.
[more]

Indonesia Lewati Hadangan Vietnam

Mario Wuysang dkk mampu menjaga keunggulan dan menutup pertandingan dengan kemenangan 89-73
[more]

Download IBL App at:

Play Store Badge App Store Badge