Firman Fouled Out, Jalan Satya Wacana Ke Playoffs Jadi Lebih Berat

Hangtuah Sumsel memperberat langkah Satya Wacana Salatiga menuju babak playoffs. Hangtuah berhasil meraih kemenangan atas Satya Wacana lewat pertarungan sengit dengan skor akhir 66-55 pada pertandingan yang digelar di GOR Kertajaya Surabaya, Senin (25/04/2016). Hasil ini menjadi revans bagi Hangtuah, setelah di dua pertemuan sebelumnya mereka menelan kekalahan. Head to head kedua tim menjadi 2-1 untuk keunggulan Satya Wacana.
 
Andrie Ekayana menjadi pahlawan bagi Hangtuah pada pertandingan hari ini dengan mencetak 18 poin, disusul Mei Joni dengan 17 poin dan Ary Sapto Nugroho dengan 13 poin. Sementara Andre Adriano dan Respati Ragil Pamungkas menjadi lumbung poin bagi Satya Wacana, keduanya sama-sama mengemas 17 poin. 
 
Pertandingan antara dua tim yang sama-sama ingin mengamankan posisi di babak playoffs ini berlangsung panas sejak tip off berbunyi. Keduanya saling mengejar perolehan angka, yang membuat lead changes score di kuarter ini mencapai empat kali. Namun tim asal Salatiga lebih unggul dalam presentase field goals made yang mencapai 50% di kuarter ini. Dua tembakan tiga angka akurat Andre Adriano juga turut menambah pundi-pundi angka Satya Wacana. Skor 20-14 mengakhiri kuarter pertama untuk keunggulan Satya Wacana.
 
Jual beli serangan masih terus belanjut hingga kuarter kedua. Hangtuah sempat menyamakan kedudukan menjadi 22-22 di awal kuarter kedua. Tim racikan coach Efri Meldi mengalami penurunan akurasi tembakan. Dari 16 kali percobaan yang dilakukan, hanya empat tembakan yang sukses menembus sasaran. Kendati demikian, Satya Wacana masih mampu menjaga margin keunggulan. Skor 30-26 menutup kuarter kedua untuk keunggulannya.
 
Memasuki kuarter ketiga Hangtuah menunjukkan permainan yang lebih impresif. Paint area lawan masih menjadi lahan subur bagi Hangtuah untuk menuai angka. Tembakan tiga angka akurat Andrie Ekayana membawa Hangtuah berbalik memimpin perolehan angka 39-38. Keunggulan tersebut menjadi titik balik kebangkitan performa Hangtuah. Laju perolehan angka mereka mengalir deras, dan sempat memimpin 11 angka, 50-39. Namun tembakan tiga angka yang dilesatkan Respati Ragil Pamungkas sedikit memangkas margin ketertinggalan Satya Wacana. Kuarter ketiga ditutup dengan skor 50-42 untuk keunggulan Hangtuah.
 
Unggul dalam perolehan angka, tidak membuat Hangtuah mengurangi intensitas serangan. Andrie Ekayana dan kawan-kawan masih terus produktif mendulang angka. Sebanyak 16 points sukses dibukukan Hangtuah di kuarter ini dan menjauhkan margin keunggulan mereka atas tim lawan. Pencetak double-double terbanyak di IBL 2016, Firman Dwi Nugroho, fouled out di kuarter akhir ini, menyebabkan Satya Wacana semakin timpang dalam melakukan serangan. 
 
Pertandingan terakhir di hari ketiga pagelaran Indonesian Basketball League (IBL) 2016 Series 6 ditutup dengan kemenangan Hangtuah atas Satya Wacana, 66-55.
 
Salah satu kunci keberhasilan Hangtuah dalam meraih kemenangan pada pertandingan hari ini adalah karena mereka bisa mengunci pergerakan Firman Nugroho. Ditambah lagi ketika Firman terkena foul out, hal tersebut berpengaruh pada defense Satya Wacana. Terlihat dari points in the paint dari Hangtuah yang tinggi.
 
“Hari ini lawan bermain dengan baik. Dan bigman mereka Tony Sugiharto dan lainnya bisa bergantian menjaga Firman. Sementara para shooter kami juga tidak maksimal. Sebenarnya di tiga kuarter awal, kami bisa bersaing. Hanya saja kami kalah momentum di kuarter ke empat. Dan saat kami kehilangan momentum, anak-anak kurang maksimal untuk bisa membalikkan keadaan. Hasil ini memang mengecewakan, sebab kami hanya butuh kemenangan untuk bisa ke playoffs. Tapi saya katakan kepada mereka untuk melupakan hasil hari ini dan fokus pada pertandingan lainnya,” ungkap Efri Meldi, pelatih Satya Wacana Salatiga.
 
“Kami seperti kekurangan tenaga pada kuarter awal. Dan banyak kecolongan dari fast break lawan. Kemudian saya melakukan penyesuaian defense. Kami melakukan man to man defense pada saat Ragil di lapangan dan zone defense saat Ragil keluar. Saya selalu katakan kepada anak-anak untuk mewaspadai serangan balik lawan, sebab mereka rata-rata adalah pemain muda. Saya berharap di sisa pertandingan berikutnya, performa para pemainnya terus meningkat dan bisa lolos ke babak playoffs di musim ini,” kata head coach Hangtuah Sumsel, Paul Mario Watulingas Sanggor.
 
Hangtuah akan kembali menjalani pertandingan lanjutan, Rabu (27/04/2016) melawan Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta. Sementara Stadium Happy 8 Jakarta akan menjadi lawan Satya Wacana pada laga berikutnya, yang digelar esok hari, Selasa (26/04/2016). (erl/IBL)
 
Photo: HP/IBL

Related

Jelang liga IBL 2018 , Hangtuah Mulai persiapkan tim

Hangtuah Sumsel baru mulai bersiap menghadapi IBL Pertalite musim depan pada akhir Juli nanti.
[more]

Ingin berkarier di dunia kerja, Toni putuskan pensiun dari dunia basket

Toni Sugiharto mengungkapkan alasan pensiun adalah karena ingin cepat berkarier di dunia kerja.
[more]

Satria Muda Terlalu tangguh bagi Garuda, CLS kembalikan momentum kemenangan

Satria Muda berhasil sapu bersih seri 8, sementara CLS bangkit dan menang
[more]

Download IBL App at:

Play Store Badge App Store Badge