Bimasakti Curi Kemenangan Dari NSH Di Menit Terakhir

Bimasakti Nikko Steel Malang akhirnya berhasil mengatasi perlawanan sengit yang diberikan NSH Jakarta di hari kedelapan seri VI Indonesian Basketball League (IBL) 2016. Bimasakti harus bersusah payah terlebih dulu, sebelumnya akhirnya bisa mengunci kemenangan dengan skor 56-51 di GOR Kertajaya, Surabaya, Sabtu (30/04/2016).

Kendati sudah dipastikan tidak lolos ke playoffs, kedua tim tetap menyuguhkan pertandingan yang menarik. Pasalnya, Bimasakti dan NSH sama-sama ingin meraih kemenangan guna memperbaiki peringkat di klasemen. Sebelum laga ini, kedua tim sama-sama mengoleksi 37 poin, dan menempati peringkat ke-10 dan ke-11. Namun, dengan kemenangan ini, Bimasakti berhasil mengamankan peringkat ke-10. Selain itu, tim asal Malang itu juga unggul 2-1 dalam rekor pertemuan melawan NSH.

Kapten masing-masing tim menjadi bintang pada laga kali ini. Kapten Bimasakti, Yanuar Dwi Priasmoro membukukan 18 poin, sedangkan Azzaryan Pradhitya di NSH mengoleksi 20 poin.


NSH memulai laga dengan cukup baik. Serangan yang dilancarkan oleh anak asuh Mayckel Ferdinandus sering berhasil membuahkan poin.

Tim asal Jakarta itu pun unggul 9-1 di paruh pertama kuarter pembuka. Namun, ketajaman NSH seolah menghilang setelahnya. Di sisi lain, Bimasakti mulai menemukan bentuk permainan terbaiknya. Dengan mengandalkan duet Yanuar dan Freddy, Bimasakti perlahan mendekat. Puncaknya, tembakan dua angka Made Indra, membuat Bimasakti berbalik unggul 10-9. Skor tersebut pun bertahan hingga kuarter pertama berakhir.

Situasi hampir sama terjadi di kuarter kedua. Kedua tim sama-sama tampil ngotot, dan tidak membiarkan lawannya mendapat angka dengan mudah. Setelah berbalik unggul 11-10, selanjutnya NSH terus memimpin perolehan angka. Berkat penampilan produktif dari para small man-nya NSH pun unggul satu bola 21-19 di akhir kuarter kedua.

Selepas jeda half time, tensi permainan semakin meninggi. Kedua tim sama-sama mempertontonkan permainan yang cepat dan agresif. Namun, Bimasakti mengambil momentum di dua menit terakhir. Secara beruntun, Yanuar dan Barra membukan three point shoot akurat, yang menjadikan Bimasakti unggul 39-37. Setelah itu, posisi Bimasakti pun berada di atas angin, hingga akhirnya mengakhiri kuarter ketiga dengan keunggulan 45-39.

Performa memuaskan Bimasakti terus berlanjut, hingga unggul 49-39 di awal kuarter keempat. Namun, NSH tak lantas menyerah begitu saja. Dengan mengandalkan duet Pradhitya dan Lutfi, NSH akhirnya menyamakan kedudukan di angka 51-51. Bahkan, di menit-menit terakhir, NSH hampir berhasil membalikkan keadaan.

Namun, sayangnya kesempatan untuk menambah angka kandas setelah Juliano Gandhi memberikan bad pass kepada Lutfi. Kegagalan itu pun agak meruntuhkan mental para pemain NSH. Alhasil, Bimasakti pun mengambil alih momentum, sekaligus memastikan kemenangan dengan skor 56-51.

“Kedua tim memang sama-sama ingin menang dan mengendalikan permainan. Namun, beruntung anak-anak bisa lebih konsisten. Saya instruksikan anak-anak untuk bisa menjaga paint area dengan baik. Di pertandingan tadi, anak-anak sempat drop, tapi untungnya mereka bisa kembali bangkit dan memperbaiki defensenya,” ungkap Head Coach Bimasakti, Oei A Kiat.

“Sayang sekali anak-anak terlalu terburu-buru pada saat kedudukan imbang. Para pemain lawan memang unggul secara pengalaman. Tapi, anak-anak juga sudah berusaha dengan maksimal. Meski gagal menaikkan peringkat di musim ini, tetap ada peningkatan dibandingkan sebelumnya. Untuk musim ini, jumlah kemenangan kami bisa lebih banyak, selain itu di beberapa pertandingan kami juga bisa mengimbangi tim papan atas dan papan tengah. Namun, masih banyak kekurangan yang juga harus dibenahi,” ujar Mayckel Ferdinandus, pelatih NSH.

Kedua tim akan melakoni duel terakhirnya di hari Minggu (01/05/2016). NSH bertemu tuan rumah CLS Knights Surabaya, sedangkan Bimasakti berjumpa tim kuat lainnya, Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta. (ivn/IBL)

 

Photo: HP/IBL

Related

NSH Mencari Pelatih Baru

Ditinggal coach Inyo ,NSH jakarta mencari pelatih baru.
[more]

Aspac dan Satria Muda memulai seri 8 dengan kemenangan

 Perlawanan keras BPJ belum cukup kalahkan Aspac, sementara Satria Muda menerapkan taktik yang tepat untuk mengalahkan NSH
[more]

NSH Sulitkan CLS, Pelita Jaya bangkit hajar Satya Wacana

Tanpa pemain asing andalannya NSH hampir kejutkan CLS, Pelita Jaya kembali ke jalur kemenangan
[more]

Download IBL App at:

Play Store Badge App Store Badge