Indonesian Basketball League

Indonesian Baskeball League (IBL) merupakan cikal bakal liga bola basket profesional Indonesia yang bergulir di tahun 2003. Lahirnya liga basket kasta tertinggi di tanah air tersebut, berawal dari era Kobatama (kompetisi bola basket utama) yang mewarnai dinamika perkembangan bola basket nasional. Bergulir selama 20 tahun, Kobatama mendapatkan kesempatan untuk berjalan lebih mandiri. Tahun 2003, Kobatama “terlahir kembali” dengan nama Indonesian Basketball League (IBL) dan diikuti oleh 10 tim papan atas di Indonesia.
Bahkan diera ini, hiruk pikuk basket Indonesia hidup dalam beberapa kurun tahun waktu dan puncaknya saat era 2 pemain asing diperkenankan bermain memperkuat masing-masing tim peserta. Setelah era pemain asing berlalu, gairah basket di tanah air sempat menurun. Namun hal ini tidak berlangsung lama. Dikarenakan lahirnya kompetisi basket nasional dengan format baru yakni Indonesian Basketball League (IBL) dan pada waktu itu diikuti oleh 10 tim papan atas di Indonesia.

Pada tahun pertama Aspac Jakarta berhasil menjadi peraih gelar juara i IBL di tahun 2003. Selang setahun kemudian, giliran tim kuda hitam asal Jakarta lainnya yakni Satria Muda yang muncul dengan kekuatan baru sekaligus merengkuh gelar juara dimusim 2004 dengan menyingkirkan Aspac Jakarta. Aspac akhirnya mampu membalas kegagalannya dengan merebut gelar kampiun di tahun 2005.

Tahun-tahun selanjutnya (2006-2009) dominasi kembali menjadi milik Satria Muda Jakarta. Selain kompetisi reguler tahunan, IBL juga menggelar Turnamen pra musim IBL Cup pada setiap awal atau akhir musim kompetisi. Turnamen Pramusim IBL pertama kali dilaksanakan tahun 2006 dimana Satria Muda Jakarta berhasil menjadi 2 kali juara berturut-turut (2007). Di tahun 2009 Satria Muda Jakarta menjadi yang terbaik setelah mengalahkan Pelita Jaya Jakarta di final yang diadakan di GOR C-Tra Arena Bandung.

Seriring dengan waktu IBL sempat berganti wajah saat operator baru yakni PT DBL Indonesia menjalankan liga basket profesional dan berganti nama menjadi National Basketball League (NBL). Setelah melewati ikatan kontrak selama 5 tahun, masa kontrak NBL akhirnya berakhir dan PP Perbasi memberi kesempatan terbuka bagi sejumlah event organizer ataupun promotor lainnya untuk menjalankan roda kompetisi liga.

Hingga akhirnya PT Bola Basket Indonesia mendapat kepercayaan penuh dari Perbasi untuk menjadi operator baru penyelengaraan kompetisi basket profesional Indonesia untuk musim 2017

Download IBL App at:

Play Store Badge App Store Badge